Renungan Harian Remaja

Renungan Harian | Santapan Harian | Cerita Renungan | Lagu Rohani | Cerita Cinta dan Kasih Sayang

Tips Mengatasi Stress

Posted by future generation

Posted by Renungan Harian Remaja 

Kategori Tips-tips 


Mengatasi Stress 

1. Mulailah dengan sarapan pagi yang bisa kamu lakukan baik di rumah atau di suatu tempat pada saat dalam perjalanan ke sekolah atau kampus. Agar tidak membosankan ajaklah teman untuk sarapan bersama.

2. Buatlah jadwal harian so kamu punya kesempatan untuk melakukan setidaknya kegiatan yang sesuai dengan kemampuanmu. Jangan mencoba untuk melakukan dua atau tiga kegiatan dalam waktu yang bersamaan.

3. Hindari minum kopi atau minuman bersoda (soft drink) sepanjang hari tetapi gantilahj dengan minum air putih atau jus buah-buahan.

4. Sebisa mungkin ciptakan suasana belajar yang menyenangkan disekelilingmu. Bunga, foto, keluarga di dompet, atau souvenir setelah liburan, atau benda-benda pribadimu.

5. Jangan bergosip atau membiarkan gossip mempengaruhimu selama proses belajar.

6. Jadilah seseorang yang berbeda dengan lainnya, belajarlah bagaimana mengungkapkan sesuatu yang berbeda, buatlah permintaan-permintaan, dan katakan “tidak” secara membangun.

7. Libatkan dirimu setidaknya sekali dalam sehari dengan seseorang atau sesuatu yang bisa membuatmu tertawa.

8. Tentukan tujuan-tujuan yang bisa dicapai. Jangan memaksakan diri dengan harapa-harapan yang sempurna dan tidak realistis.

9. Hindari membicarakan pribadi atau sekolah pada saat istirahat siang. Buatlah waktu istirahat menjadi kreatif. Jalan-jalan di sekeliling lingkunganmu, membaca buku, dll.

10. Berkhayallah sesuatu yang bisa membuatmu merasa tenang (kira-kira 1-2 menit).

11. Beristirahatlah secara berkala untuk melemaskan otot-otot, menghrup nafas dalm-dalam, dan melepaskan kelelahan.

12. Hindari persaingan-persaingan yang tidak perlu. Terlalu banyak memikirkan hal-hal dalam kehidupan justru membuatmu merasa tegang dan cemas serta menjadikanmu agresif yang sebenarnya tidak perlu terjadi pada diri kita.

13. Setelah mengalami kegagalan, tingkatkan kemampuanmu untuk mengembalikan kepercayaan dirimu. Belajarlah dari kegagalan.

14. Selesaikan masalahmu pada saat kamu benar-benar dalam kondisi yang bagus baik secara mental maupun fisik.

15. Selesaikan tugas-tugas yang tidak menyenangkan di saat kamu memulai pekerjaaan.

16. Buatlah jadwal kegiatanmu – pada saat di rumah maupun di kantor – untuk meyakinkanmu memiliki waktu yang cukup utnuk mencapai tujuan-tujuanmu tanpa terburu-buru. Hal ini tidak termasuk menjadwal atau membatalkan janji-janji sehinggamu bisa menepatinya.

Semoga tips diatas menghindarkan kalian dari stress ^-^

0 comments:

Post a Comment