Renungan Harian Remaja

Renungan Harian | Santapan Harian | Cerita Renungan | Lagu Rohani | Cerita Cinta dan Kasih Sayang

Mitos yang Menghambat Diri Menjadi Orang yang Kreatif

Posted by future generation

Post by Renungan Harian Remaja

Kategori Tips
 
1. Orang yang kreatif hanyalah yang memang orang-orang yang memang kreatif

Pada kenyataannya, hamper semua penelitian menyatakan bahwa orang yang memiliki tingkat kecerdasaan intelektual yang rata-rata mampu untuk melakukan pekerjaan dengan tingkat kreatifitas tertentu.

2. Uang adalah pendorong munculnya kreatifitas

Seringkali orang beranggapan kreatifitas munculnya bila ada uang atau ketersediaan dana. Penelitian tentang kreatifitas menunjukkan bahwa uang bukanlah segalanya. Orang-orang yang kreatif mengatakan bahwa kreatifitas mereka bukan berdasarkan uang yang diberikan,. Justru orang-orang yang banyak memikirkan tentang bonus uang yang akan mereka terima malah memberikan sedikit waktu untuk dapat berkreatifitas.

3. Kreatifitas muncul karena adanya tekanan ‘deadline’

Penelitian mengatakan bahwa ketika orang bekerja di bawah tekanan, maka kreatifitas akan terpendam tidak hanya pada hari itu tetapi juga 2 hari sesudahnya. Tekanan waktu justru menghambat kreatifitas karena orang tidak dapat berkonsentrasi dengan masalah yang dihadapinya. Kreatifitas membutuhkan masa inkubasi yaitu waktu untuk orang dapat menganalisa masalah yang ada dan membiarkan ide-idenya muncul.

4. Kompetisi memunculkan kreatifitas

Dalam dunia finance dan industri high tech, ada keyakinan yang mengatakan bahwa kompetisi memunculkan inovasi. Pada kenyataannya survey mengatakan bahwa tim yang kreatif adalah tim yang merasa nyaman untuk membagikan ide-idenya dan mendiskusikan ide-idenya tersebut. Ketika orang berkompetisi untuk mendapatkan pengakuan, mereka akan berhenti untuk slaing bertukar informasi sehingga tidak berkolaborasi dan akhirnya memunculkan kreatifitas.

0 comments:

Post a Comment