Renungan Harian Remaja

Renungan Harian | Santapan Harian | Cerita Renungan | Lagu Rohani | Cerita Cinta dan Kasih Sayang

Menjadi Orang yang Kreatif

Posted by future generation

Posted by renungan harian remaja

Kategori tips-tips

“Being creative is seeing the same things as everybody else but thinking of something different”

Robert Epstein, Ph.D, seorang psikolog mengatakan bahwa sebetulnya setiap manusia memiliki kemampuan kreatifitas. Dengan demikian tidak ada alasan kita mengatakan “Saya bukan orang yang kreatif”, yang ada hanyalah belum mengasah potensi kreatifitas yang dimilkinya. Semakin sering kita mengikuti pelatihan yang mngasah kreatifitas, semakin baik potensi kreatifitas yang dimiliki. 

  Salah satu ciri dari orang yang kreatif adalah bahwa ia mampu memunculkan beragam alternatif dan permasalahan yang dihadapinya. Pada umumnya orang mampu memikirkan 3-6 alternatif pada setiap situasi yang membutuhkan pemecahan masalah. Sedangkan anak-anak mampu memikirkan sekitar 60 alternatif.

 Apa Itu Kreatifitas ?

 Sebenarnya belum ada kesepakatan bersama mengenai definisi kreatifitas yang baku. Tetapi setidaknya kreatifitas dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menempatkan sejumlah objek-objek yang ada dan mengkombinasikan menjdai bentuk yang berbeda untuk tujuan-tujuan yang baru.

 Kreatifitas meliputi 3 hal :

1. Kreatifitas merupakan Kemampuan (Ability)
Yaitu suatu kemampuan untuk membayangkan atau menemukan suatu hal yang baru.

2. Kreatifitas merupakan Sikap (Attitude)
Yaitu kemampuan untuk menerima perubahan dan sesuatu yang baru.

3. Kreatifitas merupakan sebuah Proses ( Process)
Orang yang kreatif merupakan orang yang terus-menerus membuat perubahan dan perbaikan secara bertahap pada pekerjaan mereka.

0 comments:

Post a Comment